MENGIDENTIFIKASI RUANG LINGKUP JARINGAN TOPOLOGI JARINGAN
MENGIDENTIFIKASI RUANG LINGKUP JARINGAN
1. Local
Area Network (LAN)
Merupakan jaringan komputer yang dibangun
di ruang lingkup kecil seperti sebuah perkantoran, sekolah, rumah, atau
institusi tertentu. LAN dibangun pada ruang lingkup yang terbatas hanya dlm
radius beberapa meter atau kilometer saja.
2. Metropolitan
Area Network (MAN)
Merupakan jaringan komputer dibangun
untuk kebutuhan ruang lingkup yang besar, bisa mencangkup satu kota. Misalnya,
sekolahan atau perusahaan memunyai sebuah LAN kemudian beberapa sekolah
perusahaan dalam kota tersebut dapat saliang terhubung dan membentuk sebuah
MAN.
3. Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan komputer dengan cakupan area yang lebih luas dan biasanya akan menghubungkan beberapa kesatuan jaringan komputer yang lebih banyak. koneksi antar jaringan dengan cakupan yang luas tersebut akan memudahkan kita berbagai sumber daya yang ada sehingga proses berbagi jaringan dapat dilakukan secara lintas daerah, kota, negara, bahkan benua.
Video Presentasi:
B. Menghitung besarnya kapasitas
jaringan bedasarkan kebutuhan bisnis
Kebutuhan bandwidth berbeda-beda untuk jaringan komputer yang berbeda. Mirip kaya' jaringan pipa air di rumah kos, makin banyak kamar kos yang membutuhkan air dengan debit sama (makin banyak kran), makin besar pipa jaringan air yang dibutuhkan. Dalam konteks koneksi internet, makin banyak Pengguna yang membutuhkan Kecepatan Koneksi Internet yang sama, makin Besar Bandwidth yang dibutuhkan kantor tersebut.
Nah, dengan analogi tersebut untuk menghitung Kebutuhan Bandwith sebuah kantor maka perlu kita hitung:
Jumlah PC, Laptop, dan peralatan lain yang terkoneksi cara sederhana menghitung kebutuhan Bandwith dengan:
- Asumsi bahwa 1 orang staf menggunakan 1 alat terkoneksi internet
- Kita kelompokkan staf di kantor tersebut berdasarkan kebutuhan bandwidth jenis tupoksi pekerjaan menjadi tanggung-hawabnya:
·
Pengguna
RINGAN: 50Kbps (menggunakan Internet misal hanya untuk email atau
browsing)
·
Pengguna
SEDANG: 80Kbps (menggunakan Internet misal untuk administrasi sistem
informasi, akses sistem berbasis cloud, file gambar/video tetapi pengirimannya
per-batch, unduh rutin file, dll)
· Pengguna BERAT: 120
Kbps (menggunakan Internet rutin untuk file Besar dan Real Time misal
CCTV, video conference, gambar resolusi tinggi, sistem telepon VoIP, layanan TV
online, dll)
Contoh Kasus: Misal di kantor saya
terdapat 20 pengguna Internet (anggap staf Cleaning tidak perlu koneksi
Internet ), terdiri dari 5 orang Pengguna BERAT (misal staf monitor CCTV, staf
pengiriman file Video dan Gambar), 5 orang pengguna MENENGAH (misal asisten
Admin Sistem), dan 10 orang pengguna RINGAN (misal staf kantor yang hanya butuh
Internet untuk akses email atau file text lainnya).
· 5 pengguna BERAT x 120 Kbps =
600Kbps
· 5 pengguna MENENGAH x 80 Kbps =
400Kbps
· 10 pengguna RINGAN x 50 Kbps =
500Kbps
· Total Kebutuhan
Bandwidth = 1500 Kbps atau 1,5 Mbps
C. Menentukan besaran bandwith
Mengetahui batas bandwith yang digunakan perlu di
perhatikan sebab, bila ternyata batas bandwith tersebut lebih kecil daripada
yang di perkirakan, maka akan membuat jaringan semakin lambat prosesnya, dan
sebaliknya jika batas bandwith tersebut besar dan mencukupi penggunaan, maka
jaringan akan lancar di pakai.
D. Menentukan topologi jaringan lokasi
pada penempatan
Jenis Topologi yang digunakan
yaitu Topologi Tree atau Pohon dengan Aplikasi Simulasi Pembelajaran
Cisco Packet Tracer
Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering
digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang
penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems
dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah
berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah
untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip
jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco
Packet Tracer adalah software simulator alat-alat jaringan Cisco yang
sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam
bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco
Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah
berpartisipasi di CiscoNetworking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah
untuk menyediakan alat bagi Akademisi agar dapat memahami prinsip jaringan
komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
E. Tutorial
Membuat Topologi Tree di Aplikasi Packet Tracer sekaligus pemberian IP Address
dan mengkonfigurasinya
1. Pertama yaitu masukan Server dengan
cara di drag dari komponen yang terdapat di pojok kiri bawah, Kemudian
konfigurasi dengan memasukan IP Address Kelas C yaitu 192.168.37.80. Untuk pemberian IP sendiri yaitu
dengan cara klik PC kemudian pilih desktop kemudian klik IP Configuration. Lalu
masukan IP Address tersebut kemudian untuk subnet sendiri klik tab ketika sudah
mengisi IP Address nya
2. Kedua yaitu masukan Komponen Switch
sebagai pemisah antara segment satu dengan yang lainnya dengan cara yang sama
seperti yang pertama yaitu di drag.
3. Selanjutnya masukan 10 buah PC
sebagai CLIENT lalu konfigurasi menggunakan IP Address yang sama seperti Server
yaitu Kelas C Hanya bedakan Host ID nya saja seperti misalnya 192.168.37.1
seterusnya sampai semua PC sudah dikonfigurasi dan memiliki IP Address.
4. Selanjutnya sambungkan kabel dengan
menggunakan kabel straight dari PC ke switch dengan cara seperti yang terlihat
dibawah ini dan pilih port fastethernet. Sama seperti PC sambungkan ke port
switch fastethernet
5. Lanjutkan sampai semua PC tersambung
ke switch
6. Ketika sudah tersambung seperti ini
dan diantara kabel-kabel masih terdapat bulad berwarna orange (Tanda panah
Kanan) belum sepenuhnya hijau maka artinya antara PC dan Switch tersebut belum
tersambung atau masih loading dan ketika tanda panah tersebut sudah berwarna
hijau maka antara PC dan switch tersebut sudah tersambung (Tanda panah Kiri).
7. Apabila port switch tersebut penuh
maka tambahkan dengan cara klik switch tersebut kemudian pilih CFE lalu matikan
terlebih dahulu tomboll power lalu drag port yang terdapat di pojok kanan bawah
ke port yang kosong lalu nyalakan kembali tombol power tersebut seperti semula
kemudian klik X
8. Kemudian ketika sudah ditambahkan
port nya sambungkan antara switch tersebut menggunakan kabel cross-over dan
tunggu beberapa saat sampai terconnect dan sambungkan semua switch
9. Terakhir yaitu sambungkan server ke
salah satu segment switch dengan menggunakan kabel straight kemudian tunggu
sampai terconnect dan selesai
10. Untuk melakukan pengujian yaitu
dengan cara klik tanda panah pojok kanan bawah lalu klik ikon surat atau amplop
yang tertutup kemudian klik misal dari pc2 ke pc4 ketika pengujian itu berhasil
akan muncul tulisan succesfully dan apabila gagal akan muncul tulisan gagal
seperti gambar dibawah ini
11. Untuk pengujian CMD atau RUN yaitu
sama dengan klik PC lalu desktop lalu klik Command Prompt setelah muncul
tampilan hitam inputkan Ping 192.168.37.2 kemudian enter
12. Tahap akhir yaitu pemberian text di
setiap komponen fisik tersebut seperti yang terlihat dibawah ini sekaligus
mengakhiri tutorial pembuatan topologi jenis Tree ini.
F. Mempertimbangkan
fitur -fitur fisik sebagai Hasil dari desain jaringan.
Disini kelompok kami menggunakan jenis Topologi TREE (Pohon) dengan
1 server, 5 switch, 10 pc pada cisco packet tracer dan
dikonfigurasi menggunakan IP kelas C yaitu 192.168.37…. dan
seterusnya. cara mengkonfigurasinya yaitu dengan cara static pada masing-masing
PC dan juga server bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Kebutuhan
Perangkat Jaringan yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut :
1. 10 buah PC/KOMPUTER sebagai CLIENT
2. 5 buah Switch
3. 1 buah Server
4. Kabel Straigh-Through
5. Kabel Cross-Over
G. Membuat peta jaringan sesuai
dengan keadaan Gedung/lapangan
Untuk Fitur-fitur yang digunakan sendiri sudah dijelaskan diatas, dan
dibawah ini pengujian CMD dari server ke PC ataupun sebaliknya jikalau ikon
diantara kabel sudah berwarna hijau itu berarti sudah success terconnect
apabila masih ikon bulat berwarna orange berarti loading dan tunggu beberapa
saat sampai ikon itu berwarna panah hijau.
Komentar
Posting Komentar