Asesment Pendidikan Anak Usia Dini


Kuningan -- 
Permendiknas No. 16 Tahun 2007 menyatakan bahwa salah satu kompetensi pedagogik guru PAUD adalah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, serta dapat memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Adapun penilaian pembelajaran pada anak usia 0-6 tahun disebut dengan asesment perkembangan anak usia dini. Asesment yang dilakukan pada anak yang duduk di PAUD tentunya berbeda dengan asesment yang diperuntukkan bagi individu yang dewasa. Oleh karena itu strategi asesment yang digunakan haruslah sesuai dengan tingkat perkembangan mental, sosial dan fisik anak pada tiap tahapan usia. Asesment pada PAUD tidak mengenal ulangan, ujian, apalagi tes objektif. Untuk mengukur perkembangan di PAUD hal yang dilakukan adalah dengan mengobservasi, mencatat dan mendokumentasikan segala sesuatu tentang anak, baik perkembangannya, perilaku, maupun hasil karyanya.

Asesment adalah proses pengumpulan data dalam rangka memantau perkembangan kemampuan dasar (Bahasa, kognitif, motorik) dan pembiasaan (Nilai moral dan agama, serta sosial emosional dan kepribadian) dengan menggunakan instrumen secara autentik, menyeluruh, sistematis, dan alamiah. Asesment perkembangan anak usia dini merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisis data mengenai perkembangan anak yang selanjutnya akan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di PAUD.

Fungsi  asesment untuk mengetahui kemajuan belajar anak sebagai bentuk pelaporan. Fungsi asesment terdiri dari, fungsi formatif untuk mengetahui perkembangan penguasaan anak terhadap suatu kompetensi yang dipelajarinya dan fungsi sumatif yang bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran anak. 

Tujuan asesment untuk mengetahui berbagai aspek perkembangan anak, untuk diagnosa adanya hambatan perkembangan maupun identifikasi penyebab masalah belajar pada anak, untuk membuat perencanaan program sesuai kebutuhan anak, untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah perkembangan anak.

Assesment pembelajaran pada jenjang anak usia dini dilakukan secara autentik. Yaitu penilaian yang dilakukan dengan nyata dan lebih banyak berfokus pada proses atau non penilaian. Terdapat beberapa macam teknik assesment pembelajaran di jenjang prasekolah yaitu observasi/pengamatan ( Catatan harian catatan anekdot, catatan karya, catatan ceklis ), wawancara ( Percakapan ), penugasan, unjuk kerja.

Penulis: Elma Hodimah, PGPAUD 7

Komentar