Asesment Pendidikan Anak Usia Dini
Asesment adalah proses pengumpulan data dalam rangka memantau perkembangan kemampuan dasar (Bahasa, kognitif, motorik) dan pembiasaan (Nilai moral dan agama, serta sosial emosional dan kepribadian) dengan menggunakan instrumen secara autentik, menyeluruh, sistematis, dan alamiah. Asesment perkembangan anak usia dini merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisis data mengenai perkembangan anak yang selanjutnya akan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di PAUD.
Fungsi asesment untuk mengetahui kemajuan belajar anak sebagai bentuk pelaporan. Fungsi asesment terdiri dari, fungsi formatif untuk mengetahui perkembangan penguasaan anak terhadap suatu kompetensi yang dipelajarinya dan fungsi sumatif yang bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran anak.
Tujuan asesment untuk mengetahui berbagai aspek perkembangan anak, untuk diagnosa adanya hambatan perkembangan maupun identifikasi penyebab masalah belajar pada anak, untuk membuat perencanaan program sesuai kebutuhan anak, untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah perkembangan anak.
Assesment pembelajaran pada jenjang anak usia dini dilakukan secara autentik. Yaitu penilaian yang dilakukan dengan nyata dan lebih banyak berfokus pada proses atau non penilaian. Terdapat beberapa macam teknik assesment pembelajaran di jenjang prasekolah yaitu observasi/pengamatan ( Catatan harian catatan anekdot, catatan karya, catatan ceklis ), wawancara ( Percakapan ), penugasan, unjuk kerja.
Penulis: Elma Hodimah, PGPAUD 7
Komentar
Posting Komentar