Assesment Perkembangan Moral Agama Pada Anak Usia Dini
Kuningan -- Setiap orang yang memliki moral akan
mampu membedakan mana hal yang baik dan mana yang tidak baik. Penentuan baik
dan buruknya suatu hal bukan paksaan yang diterima dari pihak luar, melainkan
berasal dari kesadaran sebagai hasil eksistensinya sebagai manusia. Untuk
menghasilkan pribadi yang memiliki moral yang baik, tidak dapat dilakukan dalam
waktu yang singkat, tetapi harus melalui sebuah proses yang panjang dan dimulai
sedini mungkin. Proses pembentukan karakter seseorang yang memiliki nilai agama
dan moral yang baik harus dimulai dari usia dini, dimana pada usia dini 0-6
tahun adalah masa yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai di dalam diri anak,
nilai-nilai yang ajarkan akan tertaman dalam diri anak dan menjadi karakter
anak kedepannya ketika sudah dewasa.
Pada usia dini atau yang sering
disebut dengan masa keemasan (Golden Age) anak mengalami perkembangan yang
sangat pesat dan merupakan penentu bagaimaan masa depan anak kedepannya. Jika
terjadi kesalahan atau orang tua, guru dan orang disekitar anak mengabaikan
masa ini dalam mendidik anak maka dampak negatif yang ditimbulkan bukan hanya
pada masa anak-anak saja tetapi akan berlangsung pada masa-masa selanjutnya dan
melekat atau menjadi karakter anak itu sendiri.
Pada sebuah lembaga PAUD ada enam
aspek yang harus dikembangkan dalam diri anak, salah satu dari aspek tersebut
adalah nilai agama dan moral. Pendidikan nilai agama dan moral erat kaitannya
dengan budi pekerti seorang anak, sikap sopan santun, kemauan melaksanakan
ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian dapat dipahami bahwa
keberadaan pendidikaan nilai agama dan moral pada program PAUD merupakan
pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaanya, jika hal ini ditanamkan
pada setiap insan dari usia dini maka hal ini akan terpatri dengan baik dan
mencegah anak melakukan hal-hal yang bersikap amoral, hal tersebut akan menjadi
awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan
selanjutnya.
Asesmen atau penilaian merupakan
salah satu tugas pokok dan penting yang harus dilakukan oleh guru PAUD, selain
melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Asesmen menjadi sangat
penting dilakukan karena melalui hasil asesmen guru dapat mengetahui dan
mendeskripsikan tingkap pencapaian perkembangan anak, termasuk di dalamnya
perkembangan nilai agama dan moral pada anak. Dari penilaian tersebut dapat
diketahui dan ditetapkan aspek-aspek perkembangan yang telah dicapai dan yang
belum di capai oleh anak.
Cara untuk melakukan asesmen sangat
beragam, mulai dari asesmen informal sampai dengan asesmen formal. Asesmen
formal biasa berbentuk tes terstandar. Namun pada jenjang PAUD asesmen informal
lebih disarankan dari pada penggunaan tesstandar. Hasil asesmen tersebut
selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan dalam
memberikan stimulasi yang lebih kompleks, namun tetap sesuai dengan kebutuhan
dan tahap perkembangan anak.
Perkembangan agama dan moral adalah suatu kesadaran yang dimiliki oleh semua orang termasuk anak usia dini tentang baik tidaknya suatu tindakan yang dilakukan dalam menghayati hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Asesmen pendidikan anak usia dini
adalah suatu proses kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk
mengungumpulkan data-data tentang anak mengenai perkembangan dan hasil dari
kegiatan belajar yang menunjukkan sejauh mana perkembangan anak. Proses yang terdapat
dalam asesmen merupakan proses yang berkelanjutan. Kegiatan asesmen bukan hal
yang dilakukan diakhir kegiatan, tetapi merupakan hal yang cukup penting adalah
membuat informasi dari hasil asesmen menjadi lebih bermanfaat bagi semua pihak
yang berkepentingan.
Pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini sangat penting dilakukan agar terbentuknya perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku. Pembentukan perilaku pada anak, khususnya pada anak usia dini memerlukan perhatian serta pemahaman terhadap dasar-dasar serta berbagai kondisi yang mempengaruhi dan menentukan perilaku yang berkarakter. Ada tiga strategi dalam pembentukan perilaku yang sesuai dengan nilai agama dan moral pada anak usia dini yaitu: strategi latihan dan pembiasaan, strategi aktivitas bermain, strategi pembelajaran .
Penulis : Lola Vratinia (PGPAUD
Semester 7)
Komentar
Posting Komentar