Manfaat Assesmen bagi Peserta Didik, Orangtua dan Guru pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Kini


Kuningan -- 
Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan cara mengungkapkan dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.

Pada dasarnya pengertian pendidikan ( UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Lantas bagaimana jalan keluar nya agar pendidikan berjalan dengan semestinya?

Yakni dengan adanya Assesmen dalam pembelajaran dan umpan balik sangat dibutuhkan dalam menunjang proses belajar siswa. Lebih banyak waktu dapat dihabiskan untuk proses pembelajaran Assesmen terkait penjaminan mutu dibandingkan dengan kemungkinan mendukung minat belajar siswa. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru dan keduanya perlu didamaikan. Artinya Assesmen dapat dilaksanakan dengan baik dan hasilnya dapat menunjang perkembangan siswa.

Kemudian apa sih prinsip dari pada Assesmen paud ?

Prinsip dari pada Assesmen yakni :

1) Mendidik, Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

2) Berkesinambungan, Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak.

3) Objektif, Penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai sehingga menggambarkan data atau informasi yang sesungguhnya.

4) Akuntabel, Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan. 

5) Transparan, Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pemangku kepentingan yang relevan.

6) Sistematis, Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan berbagai instrumen.

7) Menyeluruh, Penilaian mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak baik sikap, pengetahuan maupun keterampilan.

Manfaat Penilaian PAUD Bagi anak-anak :

1) Memelihara pertumbuhan anak lebih sehat dan konsisten.

2) Perkembangan anak menjadi lebih optimal.

3) Anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat dan perkembangannya.

4) Anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangannya.

Manfaat bagi orang tua/keluarga:

1) Orang tua memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak di satuan PAUD.

2) Memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan di rumah.

3) Membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dalam memberikan dukungan dan memenuhi kebutuhan anak.

Manfaat bagi guru :

1) Mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.

2) Mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh-kembang anak.

3) Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangan anak.

4) Dapat memberikan dukungan yang tepat kepada anak.

5) Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya.

Pada intinya Assesmen merupakan suatu proses mendeskripsikan secara apa adanya tentang perilaku yang ditunjukkan oleh anak. Perilaku yang dimaksud diarahkan pada aspek perkembangan yang harus dikuasai anak. Assesmen bertujuan untuk mengungkapkan fakta perkembangan aktual yang terjadi dan dicapai anak (description), memetakan capaian perkembangan pada setiap anak (mapping), mengelompokan anak pada capaian perkembangan yang relatif sama (groupping), memberikan program yang sesuai dengan kebutuhan anak (programming). 

Untuk mencapai proses Assesmen yang benar maka perlu diperhatikan prinsip utama yakni :

1) Objektif atau memberikan gambaran secaranya apa adanya, 

2) Kontinyu atau terus menerus, 

3) Bermakna yakni menemukan dan mengungkap informasi atau keterangan yang bermakna bagi anak, orang tua dan lembaga PAUD agar dapat memberikan pendampingan Program (advokasi) yang sesuai. 

Penulis: Ela Nurela, PG-PAUD/7

Komentar